MENGENAL AGAMA SYIAH

Mengapa agama Syiah? Mengapa bukan Islam Syiah? Kita akan bongkar khusus perbedaanya dengan Islam. Memang tak dipungkiri ajaran Syiah ini berasal dari Islam dan percampuran idealisme dari para pengikut Ali bin Abu Thalib.


A. TENTANG AGAMA / AJARAN SYIAH


Penganut Syiah
Banyak yang mengira bahwa ajaran Syiah ini merupakan cabang dari Islam seperti Katolik dengan Kristen Protestan dan Kristen Orthodox.

Jelas dalam Islam sendiri jika refrensi Quran saja tidak disebutkan sama sekali bahwa akan ada sekte A, B, C dan seterusnya. Bisa dikatakan Hadis dan Tafsir Quran saja hanya diakui yang dari golongan mereka saja.

Syiah sendiri merupakan pengembangan ajaran yang dibentuk oleh para pengikut Ali bin Abu Thalib setelah Nabi Muhammad wafat. Nahkoda atau pemimpin yang menurut mereka paling tepat yakni Ali bin Abi Thalib sebagai keturunan Nabi Muhammad.

Islam yang diyakini hingga saat ini merupakan Islam yang mengikuti 5 rukun Islam dan 6 rukun Iman, berbeda dengan itu ajaran Syiah ini berisi :

  1. Tauhid, bahwa Tuhan adalah Maha Esa.
  2. Al-‘Adl, bahwa Tuhan adalah Mahaadil.
  3. An-Nubuwwah, bahwa kepercayaan Syiah meyakini keberadaan para nabi sebagai pembawa berita dari Tuhan kepada umat manusia.
  4. Al-Imamah, bahwa Syiah meyakini adanya imam yang senantiasa memimpin umat sebagai penerus risalah kenabian.
  5. Al-Ma'ad, bahwa akan terjadinya Hari Kebangkitan.

Secara dasar saja ajaran Syiah sudah berbeda sangat jauh dengan yang ada pada umumnya di Islam. Namun dilihat dari perspektif Ketuhanan jelas mereka mengimani satu Tuhan dan memanggil sebutan Tuhannya dengan Allah sebagaimana ajaran Islam. Syiah memiliki beberapa sekte, yang terkenal adalah Hafizi, Nizari dan Bohra.

Ajaran ini dianut mayoritas warga negara Iran & Libanon, separuh warga Irak, Yaman, Suriah dan Tajikistan.


B. KITAB SUCI

Al Quran Syiah
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Syiah berkitab suci AlQuran. Namun, Quran yang diyakini mereka adalah yang disesuaikan dengan ajaran mereka secara tafsir dan implementasi di kehidupan.

Quran versi syiah secara surat dan ayat persis sama, namun pembukaan yang dilampirkan di dalamnya diisi oleh ulama Syiah.








C. TEMPAT IBADAH

Masjid Imam Reza di Iran
Tempat ibadah umat Syiah ini tentu saja masjid. Dari luar tampak tidak ada perbedaan mendasar dengan masjid umat Islam. Namun, dari interior akan terasa bedanya , umat Syiah mempampang lukisan Ali bin Abu Thalib berukuran besar.

Shaf atau barisan sholat yang dibuat juga cukup rapat antara depan dan belakang.








D. HARI RAYA



Umat Syiah merayakan Idul Ghadir
Secara umum umat Syiah juga merayakan hari raya umat Islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan Maulid Nabi. Namun mereka juga punya hari raya sendiri yakni Idul Ghadir, yaitu perayaan turunnya perintah Ilahi untuk mengangkat Ali bin Abi Thalib oleh Nabi Muhammad yakni di tanggal 18 Dzulhijjah. Hari raya ini termasuk yang paling agung di antara hari raya lain.

Hari raya lain yang diperingatkan oleh umat Syiah adalah hari raya Mab'ats, Hari kelahiran Imam Ali, serta hari pernikahan Imam Ali dan Fatimah.



E. KOTA SUCI

Pemandangan Karbala
Tentu saja, karena mereka mengklaim bahwa mereka adalah muslim, Mekah tetap jadi kota suci pertama mereka. Namun, Karbala nampaknya masih lebih sering dikunjungi oleh Umat Syiah. Propinsi Karbala terletak di Irak bagian Barat Daya kota Baghdad.

Di sini lah terjadi peristiwa menyayat hati mereka yakni pembantaian pengikut Imam Hussein dan tentaranya.




F. VIDEO TAMBAHAN


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL AGAMA SYIAH"

Post a Comment