MENGENAL AGAMA ZOROASTER

Berbasis di sebuah daerah di negara Iran, kepercayaan Zoroaster ini berkembang sejak zaman kerajaan Persia di tahun 6 Sebelum Masehi. Namun, seiring berkembanganya Islam (terutama Syiah) di tanah Persia, penganut Zoroaster semakin berkurang dari hari ke hari.


A. TENTANG AGAMA ZOROASTER


Hasil gambar untuk zoroastrianism
Zarathustra, sang imam
Ajaran Zoroasterisme atau Majusi atau Zoroaster termasuk dalam politeisme atau menyembah banyak tuhan. Tapi dalam ibadahnya ada 1 tuhan yang paling diagungkan yaitu Ahura Mazda (tuhan sang bijaksana), namun keberadaan dewa lainnya tetap diakui. Mereka merepresentasikan dewa mereka sebagai api.

Ajaran ini dibawa oleh seorang filsuf dan sekaligus figur terkemuka Persia pada masa itu yakni Zarathustra yang dilandasi oleh keraguan akan tuhan / kepercayaan pada masa itu. Kepercayaan ini berkembang dari Iran, Afghanistan hingga India.


B. KITAB SUCI

Hasil gambar untuk avesta scripture
Kitab Khode Avesta
Kitab suci umat Zoroaster terdiri dari 4 kitab yang dikenal dengan Avesta (tulisan keramat). 4 kitab tersebut adalah :

1. Kitab Yasna yaitu kumpulan doa-doa dan aturan-aturan ibadah.
2. Kitab Visparat berisi puji-pujian penuh hormat serta permohonan kepada Tuhan.
3. Kitab Videvdat (Vendidad) yaitu tulisan-tulisan yang berkaitan dengan ritual pemurnian.
4. Kitab Khode Avesta, yaitu buku kumpulan doa sehari-hari yang di dalamnya juga mencakup Yashts, kumpulan puji-pujian dan puisi tentang kepahlawanan.




C. TEMPAT IBADAH


Hasil gambar untuk zoroaster worship place
Sebuah kuil Api di daerah Yazd
Kuil Api adalah tempat berkumpulnya orang - orang Zoroaster untuk beribadah dan melakukan berbagai ritual. Kuil ini biasanya dilengkapi dengan 1 tungku besar berdiameter 10 meter untuk menyalakan api unggun.

Kuil ini tersebar di beberapa daerah di Iran dan India.






D. HARI RAYA
Hasil gambar untuk zoroaster festival
perayaan Jashan Ardhavist

Hari raya Zoroaster terdiri dari 3 jenis utama Hari raya Tahunan / Musiman, Persembahan Hari Nama, dan hari raya umum. Hari raya musiman seperti Hari musim panas, Hari musim gugur, dst.

Hari Persembahan Nama seperti Jashan Bahman yaitu memperingati hari penciptaan hewan dan Jashan Ardhavist yaitu hari penciptaan api dan cahaya lainnya. Hari raya umum seperti tahun baru / Nouruz, Zartosht No-Diso (hari jadi Zarathustra).



E. TEMPAT SUCI


Hasil gambar untuk zoroaster HOLY PLACE
Pir-e Sabz Chak Chak di Yazd
Tempat suci yang diagungkan dan dikeramatkan oleh umat Zoroaster ini tersebar di Iran hingga Azerbaijan sebagai bagian peninggalan dari kerajaan Persia pada masa lampau.

Tempat suci itu diantaranya Pir-e Sabz Chak Chak di Yazd, Kuil Api Chahar Taqi, dan Pir-e Herisht di Sharifabad, Isfahan.





F. VIDEO TAMBAHAN


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL AGAMA ZOROASTER"

Post a Comment