MENGENAL AGAMA DRUZE

Banyak yang tidak mengetahui selain Islam, Kristen & Yahudi, salah satu agama yang dianut oleh masyarakat Timur Tengah adalah Druze. Tidak sedikit pula yang berpendapat bahwa Druze merupakan sekte dari agama Islam. Jadi siapa dan apakah agama Druze itu?



A. TENTANG AGAMA DRUZE

Penganut Druze
Berangkat dari ajaran Syiah agama Druze merupakan agama yang menggabungkan konsep keagamaan dalam Islam dan filosofi - filosofi termasuk dari Yunani kuno. Pendiri agama Druze ini Muhammad Ad-Darazi. Agama ini banyak dianut di Lebanon, Amerika Serikat, Kanada, Yordania,
Suriah & Israel.

Konsep Druze tentang keilahian dinyatakan oleh mereka untuk menjadi salah satu kesatuan yang ketat dan tanpa kompromi. Doktrin Druze utama menyatakan bahwa Tuhan itu lahir dan melahirkan, di mana dia berada di atas semua atribut namun pada saat bersamaan dia hadir.


B. KITAB SUCI

Kitab Al-Hikma
Kitab suci umat Druze adalah Kitab Al-Hikma / Surat-surat Kebijaksanaan, beberapa angkatan tua kaum Druze juga mengimani Rasa'il al-Hind / Ayat - ayat India. Beberapa sumber mengatakan mereka juga memiliki kitab - kitab kuno zaman Ismailia (zaman kejayaan Druze).



C. TEMPAT IBADAH


Kuil Druze
Tempat ibadah umat Druze adalah kuil, kuil Druze dibuat dengan desain yang mirip seperti gereja dengan lambang Druze di depannya.

Kuil Druze ini tersebar di beberapa negara seperti Jordania, Lebanon, Suriah, Israel, Amerika Serikat & Kanada






D. HARI RAYA
Merayakan Ziarat Al-Nabi Shuayb

Hari raya agama Druze tercatat hanya 2 perayaan besar yakni Idul Adha & Ziyarat al-Nabi Shu'ayb (Ziarah). Hari raya Ziarah ini dilaksanakan setiap 25 hingga 28 April setiap tahunnya sebagai
penghormatan Nabi Syuaib AS.





E. KOTA SUCI

Kuil Jethro di Hittin, Israel
Druze memiliki beberapa tempat yang dianggap sebagai kota suci mereka, beberapa di antaranya kuil Jethro di Hittin, Israel & Makam Nabi Syuaib AS di Palestina.








F. VIDEO TAMBAHAN



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MENGENAL AGAMA DRUZE"