MENGENAL AGAMA ISLAM

Islam adalah agama samawi yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Ajaran dasar Islam adalah mempercayai bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT - Subhana Wata'ala (ke-esaan Allah SWT) dan Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang diturunkan bagi umat manusia. Agama terbesar nomor 2 saat ini lahir dan di jazirah Arab dan tumbuh menyebar ke berbagai belahan dunia hingga saat ini.

A. TENTANG AGAMA ISLAM

Lafadz Allah SWT
Seperti yang diketahui pada pembukaan sebelumnya, Islam merupakan ajaran untuk mengakui bahwa hanya ada 1 Tuhan yang mengatur dan menciptakan seluruh alam semesta ini yaitu Allah SWT.
Mereka pun mempercayai bahwasanya Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Islam memiliki 5 fondasi dasar dan 6 pilar iman. 5 pondasi dasar itu sering disebut sebagai rukun Islam yang berisi, Syahadat (bersaksi tiada Tuhan selain Allah SWT & Muhammad SAW utusan Allah SWT), shalat, puasa, zakat dan pergi haji (jika mampu. Kelima dasar ini adalah fondasi utama dalam Islam dan terus dilakukan selama penganutnya masih hidup. Kemudian, Islam memiliki 6 pilar iman yakni iman kepada Allah SWT, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Rasulullah, iman kepada Malaikat, iman kepada hari akhir, iman kepada Qada & Qadar.

B. KITAB SUCI

Membaca Quran
Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Sebelum menjadi satu kesatuan utuh, Al-Quran masih berupa mushaf atau lembaran - lembaran penulisan wahyu yang ditulis pada zaman Nabi Muhammad SAW. Sebagai pelengkap, umat Islam juga memiliki Hadis, sebagai penuntun dan penegasan dari lisan Nabi Muhammad SAW.






Sebuah masjid
C. TEMPAT IBADAH

Umat Islam memiliki 2 jenis tempat ibadah, jika suatu tempat yang digunakan untuk ibadah berkapasitas kurang dari 40 orang maka tempat tersebut disebut sebagai mushola, jika tempat tersebut memiliki kapasitas lebih dari 40 orang dan fasilitas ibadah yang cukup memadai disebut sebagai Masjid.




 D. HARI RAYA

Umat Islam melakukan Shalat Ied
Agama Islam memiliki beberapa hari besar yaitu Idul Fitri (hari raya kemenangan setelah 1 bulan berpuasa di bulan Ramadhan) yang dirayakan setiap tanggal Islam 1 Syawal, hari raya berikutnya adalah Idul Adha (hari peringatan peristiwa historis Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS), hari raya selanjutnya adalah Isra Mi'raj (hari peringatan peristiwa turunnya perintah shalat 5 waktu) setiap tanggal 27 Rajab, hari raya lainnya adalah peringatan 1 Muharam yaitu perayaan tahun baru dalam kalender Islam serta hari raya Maulid Nabi sebagai peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW setiap 12 Rabiul Awal.


E. KOTA SUCI
Bangunan Kabah di Kota Mekah

Dalam Islam terdapat 3 kota suci nan bersejarah yaitu Mekah (Arab Saudi) sebagai tempat lahirnya juga
tempat Ka'bah sebagai kiblat agama Islam, Madinah / Yastrib (Arab Saudi) sebagai tempat pertama kalinya dibangun masjid, dan Yerusalem (Palestina) sebagai tempat persinggahan Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra Miraj.




F. VIDEO TAMBAHAN



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MENGENAL AGAMA ISLAM"