MENGENAL AGAMA SAMARIA

Berangkat dari keyakinan Yahudi, agama Samaria atau Yahudi Samaria merupakan agama / kepercayaan yang berbeda dari ajaran Yudaisme pada umumnya. Mereka pun memiki kitab suci Taurat versi mereka sendiri namun tetap pada mengerucut pada keyakinan Tuhan / Yehovah yang satu. Berdiri di tengah - tengah bangsa Asyur pada abad ke 4, agama Yahudi Samaria kini hanya dianut ratusan ribu jiwa yang ada di Timur Tengah. Bisa dibilang mereka adalah pengikut ajaran Nabi Musa.


A. TENTANG AGAMA SAMARIA

Orang - orang Samaria / Samaritan berdoa

Sekilas mereka akan berpenampilan tidak selayaknya Yahudi di Israel pada umumnya. Mereka lebih terlihat seperti ulama - ulama Muslim, namun mereka adalah orang Samaria / Samaritan. Mereka juga bisa disebut Yahudi Samaria karena mereka juga menganut ajaran - ajaran Yahudi. Perbedaan terletak pada tradisi dan Taurat mereka. Jika Yahudi Yudaisme memilih Taurat Daud sebagai kitab tertinggi mereka, Yahudi Samaria justru memilih Taurat Musa sebagai pedoman hidup mereka. Berpusat di Gunung Gerizim, utara Palestina orang - orang Samaria terus menjaga kelestarian ajaran mereka.


B. KITAB SUCI 


Orang Samaria dengan Tauratnya
Kitab suci keyakinan Yahudi Samaria adalah Taurat yang berasal ajaran Nabi Musa. Mereka menolak Talmud (kata - kata para Rabi) tidak seperti Yahudi Yudaisme. Ada tambahan bagian yang disebut gulungan Abisha (Abisha Scroll), yang dipakai di sinagoge Samaria di Nablus. Orang-orang Samaria percaya gulungan itu ditulis oleh Abisua bin Pinehas, cicit dari Imam Besar Harun, 13 tahun setelah orang-orang Israel masuk ke tanah Kanaan di bawah pimpinan Yosua bin Nun. Pakar Alkitab modern mengamati bahwa gulungan itu berisi sejumlah karya berbagai penulis dari abad-abad berbeda, yang paling tua sekitar abad ke-12 Masehi.





C. TEMPAT IBADAH
Sebuah sinagoga Samaria di Palestina

Tempat ibadah umat Samaria adalah sinagoga sebagaimana Yahudi Yudaisme. Sinagoga versi Samaria terlihat lebih sederhana ketimbang sinagoga versi Yudaisme.






D. HARI RAYA 


Umat Samaria merayakan Passover
Hari raya keagamaan orang Samaria Yahudi tidak jauh berbeda dengan Yahudi pada umumnya yaitu diantaranya Passover, Yom Kippur, Hari Sabbath, Sukhot, dan Shavout. Dari beberapa hari raya tersebut, hari raya paling agung adalah Shavout atau perayaan mingguan merawat Kabbala atau  gulungan Taurat.






E. KOTA SUCI
Gunung Gerizim

Berbeda dengan Yahudi Yudaisme, orang - orang Samaria menganggap Gunung / Lembah Gerizim
adalah tempat / situs yang disucikan oleh mereka. Di sana mereka berdoa, meratap & melakukan ritual keagamaan.








F. VIDEO TAMBAHAN
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL AGAMA SAMARIA"

Post a Comment