MENGENAL AGAMA SABI'AH (MANDEAN)

Mereka menyatakan diri mereka sebagai pengikut Nabi Yahya. Mereka melestarikan kebiasaan baptis seperti agama Kristen & Katolik. Mereka diklaim sebagai pelestari agama asli dari timur laut semenanjung Arab tepatnya di Suriah, Palestina, Jordania & Irak bagian Selatan. Agama yang diperkirakan masih dianut oleh 30000 jiwa ini merupakan agama Samawi yang memiliki kedekatan juga dengan agama Kristen & Islam.


A. TENTANG AGAMA SABI'AH

Umat Sabiah
Banyak kisah atau cerita yang menyebutkan bahwa agama Sabiah ini merupakan agama penyembah bintang. Faktanya, agama ini lahir dari petuah - petuah nabi Yahya (John Pembaptis - dalam literatur Kristen). Mereka menyatakan bahwa baptis adalah ritual utama mereka, baik dalam acara kelahiran, perkawinan, maupun kematian. Agama ini sangat kuat ikatannya dengan Kristen dan Islam karena banyak disebutkan dalam alkitab pada Joel 3:8 maupun Al-Quran pada QS. Al Hajj: 17. Mereka juga berdoa layaknya seorang muslim.

Agama ini juga memiliki 5 rukun layaknya agama Islam. Pertama, tentu mereka wajib berikrar bahwa Tuhan hanya 1 dan tiada lagi selain Dia. Kedua, Shalat yang disebut juga Al-Bharakat yang dilakukan dengan cara berdiri sejenak lalu ruku' menghadap kiblat ke arah Utara. Ketiga, Puasa, puasa yang dilakukan ini terbagi 2 yakni puasa kecil dan puasa besar. Keempat, sedekah untuk golongan yang kurang mampu. Kelima yaitu pembaptisan untuk beberapa acara.


B. KITAB SUCI

Kanza Raba
Sebagai agama yang bersumber dari Nabi tentu agama Sabiah ini memiliki kitab suci yang disebut Kanza Raba atau dalam bahasa Arab disebut al-Kanz al-A’dzam (Harta Karun yang Agung). Kitab suci ini ditulis dalam bahasa Aram yang memiliki 24 huruf.







Sebuah Mandi di Irak

C. TEMPAT IBADAH

Orang - orang Sabi'ah beribadah di tempat yang disebut sebagai Mandi yang dilengkapi dengan kolam untuk pembaptisan tentunya.  Meski sering dikaitkan dengan Kristen karena memiliki desain tempat ibadah yang hampir mirip, namun mereka menolak dianggap / disamakan dengan agama Kristen.




D. HARI RAYA

Umat Sabiah merayakan Eid Al Sagir
 Orang - orang Sabi'ah memiliki hari 2 hari perayaan besar yang dimana keduanya diisi dengan ritual pembaptisan di sungat Tigris & Eufrat. Yang pertama yakni adalah Parwanaiia or Panja (Banja) yakni perayaan tahun baru Sabi'ah yang dirayakan setiap tanggal 30 Akhir Paiz (dalam kalender Sabi'ah). Hari besar lainnya yakni Dahwa Hanina (Eid Al-Sagir) yaitu perayaan kembalinya Hibil Ziwa dari dunia bawah ke dunia cahaya. Perayaan ini diselenggarakan pada 18 Awel Ebhar atau Qam Tora. Pada perayaan itu pula diadakan ritual menyembelih bebek sebagai persembahan.


E. KOTA SUCI
Sungai Tigris

Umat Sabi'ah tidak memiliki kota suci khusus. Namun, sungai Tigris di Irak dianggap sebagai tempat sakral mereka untuk melakukan pembaptisan seperti yang Nabi Yahya lakukan untuk umatnya kala itu.


 



F. VIDEO

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL AGAMA SABI'AH (MANDEAN)"

Post a Comment