MENGENAL AGAMA BAHA'I


Terlahir di tanah Persia, Baha'i terbentuk dan mengaku sebagai guru dari agama - agama samawi. Bertahan pada konsep monotheistik dan berusaha untuk merangkul kalangan agama lain di timur tengah bahkan dunia. Seperti apa agama Baha'i? Berikut kisahnya.


A. TENTANG AGAMA BAHA'I
Potret Abdul Baha

Agama ini diajarkan dan didirikan langsung oleh siapa yang disebut dengan Sang Bab di Iran pada
tahun 1844. Ide atau pemikiran utama dari agama ini adalah menggabungkan kemanusiaan, agama, dan ilmu pengetahuan.

Dalam agama didogmakan bahwa Sang Bab merupakan pembawa pesan baik bagi seluruh manusia dari Tuhan. Darinya, ia mewariskan ajaran ini ke putranya yakni Abdul Baha dan kemudian dilanjutkan oleh cucunya Soghi Effendi. Dibawahnya hingga awal abad 20, ajaran ini sudah lengkap meliputi sistem kehidupan, sosial, keadilan dan rohani agar sesuai dinamisme kehidupan dan zaman

Terlahir di lingkungan yang mayoritas muslim, mereka mengadaptasi pula ajaran - ajaran Islam dan beberapa ajaran Abrahamik lainnya yang menurut mereka baik. Agama ini diklaim memiliki 5 - 6 juta pemeluk di dunia. Terbesar ada di Israel, India dan Amerika Serikat.






B. KITAB SUCI

Kitab-I-Aqdas
Mereka memiliki kitab suci sendiri yang berisi ajaran - ajaran dari Sang Bab dan tafsir Abdul Baha dan Shogi Efendi. Kitab tersebut dinamakan Kitab I-Aqdas (The Most Holy Book).

Kitab ini berisi hukum - hukum Tuhan yang harus dipatuhi termasuk sistem - sistem yang melingkupi kehidupan manusia.







C. TEMPAT IBADAH


Kuil Bahai
Umat Baha'i beribadah di sebuah kuil yang memiliki doom / sesuatu yang berbentuk lingkaran di atasnya.

Kuil Baha'i terletak di lingkungan sepi yang jarang terjamah oleh manusia.








D. HARI RAYA


Umat Baha'i Amerika merayakan Hari Lahir Sang Bab
Sebagai umat beragama, umat Bahai juga merayakan beberapa peringatan yakni hari lahir Sang Bab, Naw-Ruiz, Pengangkatan Sang Bab dan Deklarasi Sang Bab.

Umat Baha'i juga melaksanakan puasa selama 19 hari dalam satu bulan. Biasanya puasa ini dilakukan setiap bulan Maret.





E. KOTA SUCI

Baha'i Shrine di Haifa
B
Baha'i memiliki kota suci yang dianggap berkesan dan memiliki sejarah panjang agama ini. Salah satunya Bahji Mansion yang berisi kuil Baha'i suci dan Rumah Keadilan di Haifa, Israel.

Selain itu ada pula tempat dimana Bahaullah diasingkan selama kurang lebih 4 tahun yakni Rumah Abbud yang terletak di Kota Tua Akre, Palestina.









F. VIDEO TAMBAHAN


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL AGAMA BAHA'I"

Post a Comment